Puskesmas Kalidawir Beri Skrining Kesehatan Kepada Lansia

Tim Kesehatan Puskesmas Kalidawir mengadakan kegiatan skrining kesehatan kepada warga usia lanjut di wilayah Dusun Karangsono, Desa Karangtalun. Kegiatan diisi dengan berbagai layanan kesehatan seperti pemeriksaan tensi darah, kolesterol, gula darah.

Ada pula layanan deteksi gangguan mata. Untuk agenda ini tim kesehatan telah bekerjasama dengan klinik mata EDC Tulungagung.

Kegiatan skrining kesehatan diadakan di rumah kepala dusun dan dihadiri pula oleh Kepala Desa Karangtalun Agus Imam Wijayanto, TP PKK serta para kader posyandu. Kepala Puskesmas Kalidawir dr. Dwi Heruwiyono hadir pula memberikan materi pembinaan kesehatan masyarakat.

Agenda ini merupakan kegiatan rutin tahun ini dalam mengawali skrining terhadap penduduk usila di wilayah kerja Puskesmas Kalidawir. Tujuan dari kegiatan ini tentu saja dalam upaya meningkatkan capaian Standar Pelayanan Minimal Bidang Kesehatan khususnya pelayanan kesehatan pada usia lanjut. Harapannya lansia semakin tanggap dan peduli dengan kesehatannya sehingga harapan usia hidup semakin tinggi.

Pelayanan kesehatan lanjut usia adalah upaya kesehatan yang diselenggarakan sendiri atau secara bersama-sama dalam suatu wadah dan merupakan upaya preventif, promotif, kuratif, serta rehabilitatif bagi lanjut usia.

Setiap warga negara Indonesia usia 60 tahun ke atas mendapatkan skrining kesehatan sesuai standar. Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota wajib memberikan skrining kesehatan sesuai standar pada warga negara usia 60 tahun ke atas di wilayah kerjanya minimal 1 kali dalam kurun waktu satu tahun.

Read Previous

Plesiran ke Kampoeng Idjo, Kawasan Wisata di Gambiran

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *