Plesiran ke Kampoeng Idjo, Kawasan Wisata di Gambiran

Setiap daerah pasti memiliki daya tarik tersendiri. Daya tarik tersebut merupakan hal yang memerlukan pengelolaan dalam pengembangan yang berkala dan berkelanjutan, karena dari hal yang sederhana tersebut masyarakat dapat mengambil manfaat.

Pun demikian dengan desa-desa di Kabupaten Tulungagung yang memiliki banyak potensi menarik, misalnya dari segi wisata. Sebagai contoh, Desa Gambiran Kecamatan Pagerwojo yang kini tengah mengembangkan Wisata Kampoeng Idjo.

Wisata Kampoeng Idjo merupakan sebuah kawasan desa wisata yang dikelola oleh Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) bersama  masyarakat Desa Gambiran. Kawasan ini terdiri dari masyarakat dengan aktifitas bercocok tanam dan berternak sapi perah, karena adanya dukungan letak geografis yang merupakan dataran tinggi dengan ketinggian 600-1500 meter diatas permukaan laut. 

Dengan keadaan geografis tersebut maka tanah yang ada di Gambiran sangat subur dengan keadaan lahan pertanian terasering dan kondisi alam yang masih terjaga kelestariannya.

Adapun beberapa tempat yang menarik untuk dikunjungi wisatawan yaitu air terjun Parang Kikis yang memiliki keindahan alam dari sumber air yang sangat jernih dengan nuansa alam yang masih alami dan hijau.

Wisatawan juga bisa berkunjung ke lahan pertanian hortikultura. Di sana kita bisa menikmati pemandangan yang menarik sekaligus merasakan pengalaman belajar bercocok tanam, petik sayur, belajar budidaya dan petik strawberry, dan menikmati hasil olahan buah strawberry langsung dari kebunnya.

Juga dapat belajar secara langsung mengenai pengolahan kolang kaling, kopi sirsa dan susu sapi perah.

Tujuan wisata lainnya yaitu ketempat-tempat bersejarah seperti petilasan Ngobaran. Ada pula peninggalan sejarah seperti candi dan arca. Wisatawan dapat belajar mengenai seni dan budaya di Gambiran seperti belajar gamelan jawa, reog kendang, jaranan, ketoprak, tiban, dan juga permainan tradisional seperti egrang, dakon, gobak sodor dan arena outbond lainnya.

Bagi para wisatawan yang berniat menginap, Kampoeng Idjo juga menyediakan home stay. Pengelola wisata kini menawarkan paket – paket wisata yang sangat terjangkau seperti berikut:

  • Paket 1 (1 hari), Rp. 175.000 /per orang (minimal 7 orang)
  • Paket 2 (1 hari 1 malam), Rp. 245.000 /per orang (minimal 7 orang)
  • Paket 3 (2 hari 1 malam), Rp.500.000 /per orang (minimal 7 orang)

Untuk melihat sekilas tentang Kampoeng Idjo, Anda juga bisa klik langsung instagram-nya atau kanal youtube-nya.

Yuk, berkunjung ke Desa Wisata Kampoeng Idjo sekarang dan nikmati keindahan alam yang ada di Desa Gambiran.

Read Previous

Mas Pri dan Ilmu Nabi Sulaiman

Read Next

Puskesmas Kalidawir Beri Skrining Kesehatan Kepada Lansia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *