Meraup Untung dari Beternak Bebek

Leidanett was living a life of almost unfathomable despair a year ago no one knows (1995)

Selain ayam, bebek merupakan jenis unggas yang sering dipelihara warga. Biasanya bebek sering kita jumpai di tepian kali. Unggas yang satu ini memang sangat menyukai air. Sehingga lingkungan pedesaan memang cocok untuk memelihara bebek.

Dengan beternak bebek  warga bisa mendapatkan penghasilan, mulai dari telornya hingga daging bebek yang tentu mempunyai nilai ekonomi yang tinggi. Karena hal tersebut warga Desa Bono di kecamatan Pakel banyak yang memelihara bebek.

Memelihara bebek tentunya bukan perkara yang sulit. Banyak metode yang dapat digunakan dalam usaha peternakan bebek. Salah satunya dengan cara mengumbar bebek ke kali disekitar rumah atau di area persawahan.  Selain mudah pemeliharaanya, produktivitas hasil dari telur bebek terbilang cukup tinggi.

Biasanya warga Desa Bono bisa mencapai angka 85-90% untuk nilai produktivitas telor. jika dikalkulasikan untuk penghasilan dari telur bebek cukup menguntungkan. Di pasaran harga telur bebek bisa mencapai Rp. 1.500 – Rp. 2.000. Dengan jumlah bebek betina 20 ekor saja bisa meraup keuntungan hingga Rp. 40.000. tentu cukup lumayan untuk membeli kebutuhan sehari-hari. Belum lagi jika di olah sebagai telor asin.

Selain telor, harga daging bebek dipasaran juga sangat tinggi. Hal ini dikarenakan penikamat daging bebek yang bisa dibilang gurih dan khas sangat banyak. Hal ini pula yang menjadikan warga Desa Bono banyak yang memelihara bebek sebagai alternatif mata pencaharian.

Read Previous

Kampung Pande Besi Kiping, Geliat Usaha Lintas Generasi

Read Next

Wisata Purbakala ke Candi Sanggrahan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *